Yuk, Tentukan Pilihanmu Sekarang!

Setiap orang tentunya telah dikarunia kelebihan dan kekurangan masing-masing. Demikian juga halnya saat menetapkan sebuah pilihan, idealnya sudah bisa kalkulasi kelebihan dan kekurangan pilihan tersebut. Entah itu soal jodoh, pekerjaan, dan lainnya.

Bicara soal pilihan pekerjaan, ternyata tidak sedikit org yang menjalani pilihan pekerjaannya karena sebuah ‘keterpaksaan’. Ujung-ujungnya pekerjaan itu dijalaninya dengan tidak nyaman dan hasilnya tidak akan berbuah manis. Ada juga sebagian orang yang memiliki banyak potensi untuk memilih, namun sayang potensi yang sebenarnya hebat harus tergusur oleh keadaan. Padahal potensi itulah yang bisa mengangkatnya meraih pekerjaan yang lebih baik.

Ada beberapa hal yg harus digarisbawahi dalam menetapkan sebuah pilihan ;

  1. Niat Yang Mantap.
    Berkacalah pada diri sendiri. Carilah kira-kira potensi yang ada dalam diri kalian.
  2. Tentukan Pilihan Sesuai Potensi.
    Setiap orang memiliki potensi. Tentukan pilihan sesuai vakum yang dimiliki. Jangan terlalu bangga atau maruk karena memiliki banyak potensi karena jika salah menetapkan pilihan, sia-sialah semua potensi yg ada.
  3. Berusaha Konsisten Dengan Pilihan.
    Buatlah mapping/road map yang benar. Jamgan pernah melenceng dari jalur yang sudah ditetapkan, karena untuk menjadi konsisten pasti akan banyak ujian.
  4. Bersyukur Dengan Pilihan Yang di Tetapkan.
    Sebuah pilihan tentu akan mengundang sebuah konsekuensi. Apapun resikonya, usahakan tetap bersyukur. Hasil yang baik memerlukan sebuah pengorbanan.

👉 Tak ada yang sebenarnya terlambat, yang terlambat adalah yang tidak berani mencoba dan selalu menutup kesempatan yang ada dengan rasa was-was.

Edi Laish

Penulis Buku & Pencipta Lagu

You cannot copy content of this page