Tokoh PMII, GMNI, HMI & LMND Kumpul Bareng di Wanua Sulolipu

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP), Keluarga Besar Wanua Sulolipu melaksanakan kegiatan silaturahim dialog kepemudaan dalam peringatan Sumpah Pemuda dengan tema: ” Implementasi Sumpah Pemuda dan Potret Buram Literasi”. Kegiatan ini digelar di Rumah baca Wanua Sulolipu Desa Duampanua Polewali Mandar pada Rabu, 28 Oktober 2020.

Lebih dari lima puluh mahasiswa/i Polewali Mandar hadir di acara tersebut. Pemateri adalah tokoh-tokoh organisasi dari LMND, HMI, PMII dan GMNI

Dalam paparannya, Ketua BPH PMII Cabang Polewali Mandar Asrul Ruslan menyampaikan; ” Sebaiknya pemuda berkolaborasi untuk bersatu dalam menyelesaikan problem baik itu problem literasi ataupun problem yang menjadi hal penting dalam sebuah gerakan mahasiswa dan pemuda.”

Asrul juga berharap kepada para penggiat literasi untuk tetap membumi di litaq mandar ini walaupun di tengah problem klasik, yaitu malas membaca yang saat ini sedang marak terjadi. Gerakan-gerakan pendidikan dan di pelosok mesti kita perkuat dalam kolaborasi. Pemuda harus berani memulai untuk mencapai cita-citanya. Selain itu, pemuda juga harus solid dan memiliki kontribusi nyata untuk daerah dan negara, sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda.” Papar Asrul optimis.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum GMNI, Sarman menyampaikan bahwa ;” Kita sebagai pemuda lebih banyak berkolaborasi khususnya para tokoh organisasi di Polewali Mandar. Kemudian juga terkait penguatan literasi di pelosok-pelosok untuk memperbanyak kampanye literasi yg hari ini sangat miris dan memprihatinkan kelihatannya.

Sebagai pemuda, seharusnya dapat menampilkan diri sebagai pemuda progresif. Yakni, pemuda yang peka terhadap lingkungan sekitar dan memiliki inisaitif untuk menjadi solusi atas masalah-masalah yang muncul ditengah-tengah kita.

“Pemuda harus memiliki cita-cita atau menjadi pemuda visioner, sebagai generasi penerus bangsa,” Statement ini di sampaikan oleh Bang Marsuki, salah satu tokoh pemuda di Luyo, melalui WhatsApp kontributor Rodamagz, karena beliau berhalangan hadir.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama pemateri yang sekaligus pemberian apresiasi kepada Keluarga Besar Wanua Sulolipu.

Harapan ketua umum HMI, Hery Dahnur Terus kembangkan dan kampanyekan budaya literasi. Jangan hanya kepada masyarakat tetapi juga pelajar dan mahasiswa itu sendiri, saat ini budaya membaca dan berdiskusi sanat jarang lagi di jumpai di dunia kampus, khususnya di Polewali Mandar. Organisasi dan penggiat literasi harus bekerja sama jika perlu ke dinas pendidikan untuk merekomendasikan budaya literasi sebagai muatan lokal di setiap sekolah. Ujarnya.

Yadi
Kontributor Sulawesi

You cannot copy content of this page