Puncak Cikuray 2821 Mdpl

Untuk sampai di puncak Gn Cikuray, pendakian bisa di tempuh dari beberapa pos. Yang paling banyak di lewati melalui Posko Tapak Gerot di Kec Cigedug.

Tapak Gerot adalah sebuah nama komunitas Pendaki Gunung di wilayah Kec Cigedug. Yang sangat menarik dari komunitas ini adalah tidak pernah memungut bayaran bagi siapapun pendaki yg datang ke posko ini mulai dari parkir kendaraan roda dua, ngecas hand phone, istirahat/ tidur di posko, ke toilet bahkan posko Tapak Gerot selama 24 Jam menyediakan air minum Teh utk di konsumsi siapapun yang mampir di posko ini.

Saya mengenal Komunitas PG Tapak Gerot sejak tahun 2015.
Hampir semua pendaki gunung yang datang ke Posko Tapak Gerot selalu lapor dan mencatat identitas diri di buku tamu yang sudah di sediakan dan Posko Tapak Gerot buka 24 jam.

Jalur pendakian Tapak Gerot terdiri dari Pos 1, Pos 2 dan Pos 3. Pos 3 biasanya di pake utk istirahat para pendaki jika pendakian di lanjutkan subuh. Jarang ada pendaki yg naik ke puncak gn cikuray diatas jam 4 sore. Pernah ada seorang pendaki naik pukul lima sore dan kembali lagi pukul sembilan malam ke pos 3. Waktu tempuh menuju Puncak Gn Cikuray dari Posko Tapak Gerot sektar 7 Jam.

Dari Puncak Gn Cikuray kita bisa melihat beberapa gunung antara lain Papandayan, Guntur, Burangrang, Tangkuban Perahu, Galunggung, Ciremai bahkan Gn Selamet di Jawa Tengah.

Tapak Gerot berasal dari dua kata bahasa sunda yaitu Tapak dan Gerot. Tapak artinya jejak dan Gerot artinya hutan belantara atau hutan geledegan. ( mohon di koreksi jika salah ). Jadi arti dari Tapak Gerot adalah Jejak Hutan Belantara.

Posko PG Tapak Gerot begitu sangat someah dan semua anggota komunitas PG Tapak Gerot selalu siap mengawal para pendaki tanpa meminta imbalan. Salute..!!

” Saya sekarang bersama mereka yg pernah menginjakan kaki nya disini di puncak Gn Cikuray.”

Pendakian ke Puncak Gn Cikuray adalah pendakian paling ektrem diantara gunung lainnya di Pulau Jawa. Yang membedakan Gn Cikuray dgn Gn Lainnya, Gn Cikuray tidak di buat komersil ( Posko Tapak Gerot ).

#Kabogoh_Hiji_Cocooan_Opat

You cannot copy content of this page