Pola Pikir Modern PKB Gus Dur di Era Milenial

Sangat jauh berbeda antara PKB-nya Gus Dur & PKB nya Cak Imin (Gus Ami).
Beberapa nara sumber yang pernah saya temui dan bercerita mengenai PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), semuanya sama dalam menilai PKB. Apa alasan para nara sumber ini memandang bahwa PKBnya Gus Dur (alm) adalah PKB dijalur yang sebenarnya. Sementara PKBnya Cak Imin (Gus Ami) adalah PKB abal-abal. Menurut menurut para nara sumber, bangkitnya PKB Gus Dur sudah tampak dalam dua tahun terakhir.

Konsolidasi gerilya sunyi senyap dengan screening ketat telah dijajaki para Nahdliyin garis lurus yang selama ini berdiam diri mematangkan chemistry tanpa gembar-gembor ke publik. Usia dan wawasan mereka sudah cukup matang dan mumpuni untuk berkiprah demi bangsa dan negara. Belajar dari pengalaman terdahulu hingga harus terkapar di meja hijau menjadi kajian serius Nahdliyin Garis Lurus yang benar-benar paham sejarah dan cita-cita PKB Asli yang sebenarnya. Bukan PKB KW alias abal-abal.

Dalam kesempatan yang berbeda ketika saya tanya, apakah akan membentuk Partai baru atau merebut kembali PKB dari Cak Imin (Gus Ami), beberapa nara sumber ngasih jawaban yang lugas dan tegas dengan optimisne yang kuat. “Kita butuh calon kader-kader yang paham sejarah dan memiliki visi kedepan yang jelas.”

Kepenasaran saya terus bertambah dan saat saya tanya, apakah proses kaderisasinya sudah berjalan? Dalam kesempatan yang bersamaan ketiga nara sumber yang hadir berkumpul di sebuah cafe di bilangan Dago Bandung yang mengundang saya untuk sekedar ngopi bareng mengatakan, screening ketat sedang dilakukan di semua provinsi oleh tim Sunyi Senyap. “Kita butuh anak-anak muda yang jelas dalam bersikap” tukasnya. Pertemuan saya dengan tim Sunyi Senyap berakhir pukul 23 malam. Tidak ada tukar kontak telefon dan tidak ada jejak yang harus tinggalkan. Mereka menguhubungi saya dengan telfon managemen cafe. Keren banget!!

-Mang Djana

You cannot copy content of this page