Ellen, Pemilik Lentera Cijagra

Tepat di akhir bulan Juli 2020 RODAMAGZ singgah di Lentera Cijagra. Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan alat-alat kemping/naik gunung yang berlokasi di Komplek Pengairan Cijagra Buahatu Bandung.

Sejarah berdirinya Lentera Cijagra berawal dari perusahaan yang menyewakan alat-alat kemping bernama Lentera Camping Rental yang berdiri sejak tahun 2014 di Jl. Surapati Bandung. Dengan managemen yang terbilang rapih dan baik Lentera Camping Rental hingga sekarang sudah memiliki 6 (enam) cabang yang tersebar di Kota Bandung, Kota Cimahi dan Jakarta.

Cabang Lentera Camping Rental satu dengan yang lainnya berbeda a.l :

  1. Lentera Pasir Turi
  2. Lentera Cimahi
  3. Lentera Jl. Gagak Bandung
  4. Muncak Cimahi
  5. Lentera Jakarta
  6. Lentera Cijagra Jl. Cijagra Komplek Pengairan Buahbatu Bandung

Menurut Ellen, pada saat pertama didirikan di Jl. Surapati, LRC tidak berlangsung lama, hanya 1 (satu) tahun. Beban biaya sewa toko yang terbilang berat akhirnya diputuskan
Lentera Camping Rental pindah tempat ke Jl. Pasir Turi, masih didaerah Surapati tepatnya didekat jalan Gagak Bandung. Sejak saat itulah setahap demi setahap LRC berkembang.

Keunikan lainnya dari LRC ini adalah, semua cabang Lentera ini dimiliki oleh 7 bersaudara kakak beradik yang sangat kompak dari keluarga besar Drs. Hardjono S.R. (alm). Beliau adalah pensiunan dari Kantor Geologi Kota Bandung.

Dengan berdirinya cabang ke 6 yang diberi nama Lentera Cijagra yang di launching pada 7 Oktober 2019, boleh dibilang baru dan sangat berani kata Ellen. Lokasi yang tidak terlalu strategis membuat Ellen tetap semangat. Spanduk dipasang didepan rumahnya. Promosi lewat Sosial Media, juga dilakukan. Dalam hitungan bulan Lentera Cijagra yang baru saja buka sudah mulai dikenal dan memiliki pelanggan setia.

Adalah Kang Kabayan (Suami Ellen) tokoh budaya sunda yang sejak tahun 2012 menjalani hidup sebagai Kabayan, “ditakdirkan” melanjutkan jejak Kang Ibing Kusumayatna, yang sama-sama terjun di dunia hiburan, TV, Panggung dan acara-acara kesenian sunda. Setelah enggak aktif lagi bekerja di hotel Hyatt-Aryaduta (selama 23 tahun) beserta istri, Ellen menekuni usaha kecil ini (Lentera Cijagra) bersama-sama dengan harapan Pandemic Corona segera berakhir agar aktifitas kemping bisa ramai kembali.

“Alhamdullilah Kang, dengan adanya Rental Camping seperti ini, banyak sekali yang terbantu, mulai dari pelajar sekolah SD, SMP, SMU/SMK dan mahasiswa yang harus melakukan kegiatan di alam. Lagian mereka juga sangat terbebani jika harus membeli tenda, sleeping bag, sepatu gunung + perlengkapan lainnya yang harganya cukup mahal dan kebanyakan pelajar dan mahasiswa hanya sekali pakai saja. Jadi dengan adanya tempat penyewaan alat camping seperti yang saya dan suami kelola ini, mereka sangat terbantu dengan harga sewa yang sangat murah.” Tambah Ellen.

Hari sudah semakin sore, langitpun mulai mendung, kemungkinan hujan bakal mengguyur sebagian wilayah kota Bandung. Malam ini RODAMAGZ diajak ngopi oleh Kang Kabayan dan Ellen di kedai Lentera dijalan yang baru saja buka. Pasangan yang kompak dan tidak mengeluh dengan kondisi pandemi yang tidak jelas kapan berakhir.

  • Mang Djana

You cannot copy content of this page